Tips Mudah Menambal Ban Tubeless

Cara Menambal Ban TubelessSobat Pusat Teknologi, kebocoran ban kendaraan merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap mobil atau motor. Sangat menjengkelkan memang jika ban kendaraan terjadi di saat kita berada di tengah perjalanan menuju kantor atau sekolah. Terpaksa deh, sobat Pusat Teknologi yang menggunakan motor harus mendorong hingga tukang tambal ban terdekat.

Lain halnya jika Sobat Pusat Teknologi menggunakan ban tubeless, mungkin sobat akan merasa agak lega dan nyaman. Ketika ada paku yang tembus mengenai ban, maka ban tubeless akan kempes secara perlahan, tidak seperti ban biasa yang akan langsung kempes. Namun tetap saja ban tubeless yang robek karena terkena paku akan kempes juga.

Ada tips ringan dari automotto.com yang dapat Sobat Pusat Teknologi gunakan untuk menambal ban tubeless sendiri. Untuk melakukannya sobat Pusat Teknologi hanya membutuhkan waktu 20-30 menit, berikut cara atau langkah-langkahnya :

Alat-alat Yang perlu disediakan:

  • Tang, berguna untuk mencabut paku.
  • Pisau
  • Alat penghalus kebocoran
  • Tusukan besi panjang, cairan panas, karet tambalan sisipan.
  • Pompa Angin

Cara menambal ban tubeless:

  1. Periksa ban tubeless sobat yang mengalami bocor kemudian cari penyebabnya. Apakah bocor karena tertusuk paku atau tertusuk benda lainnya.
  2. Gunakan tang untuk mencabut benda/paku yang tertancap. Berhati-hatilah saat mencabutnya agar kebocoran tidak menjadi semakin lebar.
  3. Gunakan penghalus ban dorong dan tarik beberapa kali supaya lubang bocor menjadi halus dan cukup disisipkan karet tambalan. Setelah selesai, biarkan penghalus menempel di dalam ban.
  4. Lepaskan penghalus secara perlahana dan hati-hati, gunakan cairan panas perekat untuk merekatkan bagian yang bolong. Poles sebanyak 2- 3 kali sampai cairannya merata.
  5. Masukkan karet tambalan sisipan yang sudah diolesi cairan perekat ke dalam lubang dengan menggunakan tusukan besi. Tekan secara kuat kemudian pastikan bahwa karet sisipan yang dipasang tersebut benar dan tidak ada kebocoran lagi.
  6. Lepaskan tusukan besi kemudian biarkan beberapa menit hingga karet sisipan tersebut menempel dengan baik.
  7. Pompa ban motor Sobat dan potong bagian karet sisipan yang lebih menggunakan gunting.
  8. Jika ban tubeless masih saja bocor, bawalah motor Sobat ke bengkel.

Nah, itu tadi tips dan cara singkat menambal ban tubeless yang dapat sobat Pusat Teknologi praktekkan. Selamat mencoba!

4 thoughts on “Tips Mudah Menambal Ban Tubeless

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*