Tips Merawat Ban Mobil

4835
Merawat Ban Mobil

Merawat Ban MobilMerawat Ban Mobil – Ban mobil merupakan salah satu komponen penting pada mobil, sehingga menjadi salah satu faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Berdasarkan catatan Departemen keselamatan Lalu lintas Jalan Raya Nasional AS, penyebab kasus kecelakaan lalu lintas di dominasi oleh tekanan angin pada ban yang tidak memenuhi standar. Hal ini dapat disimpulan bahwa komponen ban mobil memerlukan perhatian dan perawatan yang tepat.

Berikut tips merawat ban mobil

1. Periksa selalu tekanan angin pada ban mobil terutama jika anda berencana melakukan perjalanan dengan jarak jauh. Tekanan angin yang tidak standar akan mengakibatkan ban mudah rusak. Selain itu tekanan angin yang kurang pada ban meningkatkan penggunaan bahan bakar pada kendaraan.

2. Gunakan ban yang sudah memiliki aturan standar sesuai dengan jenis kendaraan anda. Baik itu secara ukuran maupun indeks ban kendaraan

3. Lakukan perawatan balancing ban secara berkala. Balancing ban dapat mencegah terjadinya keausan pada ban yang tidak merata.

4. Tukar atau rotasi setiap ban pada setiap 8000 km, Merawat ban mobil dengan cara melakukan rotasi ban dapat mencegah terjadinya aus ban mobil yang tidak merata. Selain itu dapat memperpanjang waktu anda untuk mengganti ban mobil.

5. Jika telapak ban sudah mencapai Thread Wear Indocator atau indikasi pemakaian ban, segeralah mengganti ban mobil untuk mencegah terjadinya resiko kecelakaan akibat penggunaan ban yang tidak layak.

6. Hindari lobang besar saat berkendara. Menghantam lubang besar bukan hanya dapat merusak ban mobil, tapi dapat juga menimbulkan gangguan keseimbangan pada ban mobil.

7. Pastikan semua ban menggunakan tutup pentil, ban tanpa penutup pentil beresiko ban kehilangan tekanan angin akibat kebocoran udara dari dalam ban.

8.Merawat ban mobil juga arus memperhatikan gaya mengemudi pengendara atau gaya berkendara anda, gaya mengemudi yang tidak baik dapat mempercepat umur ban mobil anda.

9 Pastikan velg ban kendaraan anda masih dalam keadaan layak. Velg ban tidak normal atau cacat dapat menimbulkan resiko kerusakan pada ban.

10. Hindari mengangkut beban yang melebih batas angkut kendaraan anda, beban yang melebihi kapasitas kendaraan akan memaksa tekanan angin pada ban serta memaksa gesekan putaran ban pada aspal, sehingga ban menjadi lebih cepat panas dan aus.

Dengan merawat ban mobil secara baik dan benar dapat memperpanjang umur pemakaian ban mobil kendaraan anda, secara otomatis dapat menghemat pengeluaran anda jika harus mengganti ban dalam waktu singkat.

Cara Merawat Cat Mobil Lebih Awet Menjaga cat mobil agar terlihat lebih mengkilap dan menjaganya agar tetap awet serta lebih lama memerlukan waktu dan tenaga serta menjaga kebiasaan da...
Penyebab Sekering Mobil Sering Putus Penyebab Sekering mobil memang terlihat sepele, namun fungsi dari komponen mobil satu ini tidak kalah penting dengan komponen mobil lainya. Sekering m...
Cara Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil Dengan K... Mobil tergores adalah hal yang biasa, apalagi sekarang jalanan sangat padat sekali, terkadang  kena colek sedikit sama sepeda motor, atau terkena rant...
Trik Cara Menjual Mobil Bekas Lebih Mahal Harganya Terkadang beberapa orang yang mempunyai mobil bingung untuk menggunakannya. Mungkin karena sudah bosan, punya mobil lebih dari satu, atau lagi butuh u...
2 Cara Memperbaiki Mobil Penyok Tanpa ke Body Repa... Mungkin Anda mengalami subuah insiden kecelakaan atau benturan ringan yang menyebabkan mobil kesayangan Anda kondisinya tidak seperti sebelumnya atau ...
Rapitech

SILAHKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here