Tips Menjaga Suhu Kabin Mobil Di Saat Musim Panas

Sobat Pusat Teknologi, sebentar lagi musim kemarau akan datang. Musim kemarau identik dengan hawa yang sangat panas pada lingkungan di sekitar kita. Suhu pada kabin mobil juga tak luput dari panas walaupun di mobil tersebut ada fasilitas AC sehingga sobat menjadi tidak betah berada di dalam mobil. Belum lagi dengan efek rumah kaca yang membuat suhu pada kabin mobil kian panas.

Tips-Menjaga-Suhu-Kabin-Mobil

Bila suhu dalam kabin semakin panas, maka temperatur AC mobil pun akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan kondisi mesin mobil semakin buruk. Namun sobat Pusat Teknologi tidak perlu khawatir ada beberapa tips yang dapat sobat lakukan agar suhu kabin mobil Sobat Pusat Teknologi tetap dingin, sejuk dan terjaga suhunya. Berikut tips untuk mendinginkan kabin mobil di saat musim panas:

  1. Tempatkan mobil di tempat yang teduh dan sejuk
    Parkir di tempat yang teduh membuat mobil terhindar dari radiasi panas dan sinar ultraviolet. Jangan parkir di tempat kena sinar matahari secara langsung, misal di bawah pohon yang rindang atau di dalam parkiran gedung. Dengan menempatkan mobil di tempat yang teduh secara tidak langsung, sobat akan mengurangi penggunaan AC.
  2. Bukalah sedikit kaca mobil
    Bukalah kaca mobil setinggi 5-10 cm. Dengan membuka kaca, aliran udara dalam mobil menjadi seimbang. Suhu panas yang ada di dalam kabin akan segera terbuang melalui lubang kaca mobil tersebut.
  3. Gunakan kaca film
    Kaca film ternyata dapat mengatur suhu panas dan sinar ultraviolet yang hendak masuk ke dalam mobil. Penulis menyarankan untuk menggunakan kaca film dengan merek yang bagus yang benar-benar memberi perlindungan dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa perhatikan juga tingkat kegelapannya, semakin gelap tidak baik untuk mobil.
  4. Nyalakan AC apabila mobil di parkir pada tempat yang panas
    Jika sobat memarkir mobil di tempat yang tidak teduh atau panas, sebaiknya sobat menyalakan AC dan membuka sedikit kaca untuk pergantian udara.
  5. Gunakan pelindung kaca
    Pelindung kaca depan juga dapat mengurangi panas yang berlebihan dalam dashboard depan. Sebaiknya gunakan bahan atau kain berwarna terang untuk melindungi dashboard serta kemudi mobil.
  6. Gunakan jok kulit kualitas tinggi
    Jok kulit dengan kualitas tinggi akan menyerap lebih banyak panas. Sobat Pusat Teknologi akan merasa nyaman duduk di atas jok walaupun udara di luar panas.
  7. Selalu cek level cairan pendingin
    Jika level cairan pendingin coolant pada mobil berkurang, segera tambahkan cairan hingga penuh.

Nah, itu tadi 7 tips menjaga suhu kabin mobil di saat musim panas agar kabin mobil menjadi dingin, sejuk dan nyaman untuk ditempati. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*