Showroom Mobil Bekas

Tips Penting Sebelum Memilih Dan Membeli Mobil Bekas

22 views

Untuk membeli mobil bekas sekarang ini di katakan sangat mudah. Hal ini dikarenakan informasi yang sangat mudah didapatkan seperti melalui media sosial atau situs jual beli online, selain datang langsung untuk membeli mobil bekas di showroom, maka hal yang harus anda ketahui adalah segala informasi yang terkait dengan mobil tersebut.

Banyak hal dan pertimbangan yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas, sebab hal ini tentu saja berbeda jika anda membeli mobil baru yang kondisinya sudah dijamin oleh pabrik pembuatannya.

Nah maka dari itu disini saya memberikan tips buat anda cara memilih mobil bekas yang benar sehingga terhindar dari mobil bekas rental, bekas taksi, bekas tabrakan, dll baik itu jenis mobil MPV, sedan atau mobil dengan perseneleng matic dan manual sehingga anda tidak akan kecewa sesudahnya.

Hal mendasar yang harus kita ketahui bersama sebelum memilih dan membeli mobil bekas, sebagai berikut: (Silahkan komentar jika memiliki tips yang lain)

  • Speedometer, jangan percaya dengan kilometer yang rendah namun usia mobil sudah diatas 3 tahun bahkan 5 tahun lebih, sangat mustahil walaupun tidak sepenuhnya benar. (Sudah banyak alat yang bisa dipakai untuk memanipulasi speedometer)
  • Kelistrikan mobil, pastikan semua kelistrikan berfungsi dengan normal, cek semua lampu-lampu, sein, mirror side, wiper, semprotan air, dsb.
  • Tutup mesin dan tutup radiator, cek 2 penutup tersebut, jika tutup mesin hitam dan banyak kotoran kemungkinan besar didalam mesin sudah tidak bersih lagi, begitupula tutup radiator, jika banyak lumpur berwarna coklat bisa dipastikan radiator tersebut belum pernah dibersihkan dan beresiko pada temperatur mobil.
  • Cek AC mobil, nyalakan mesin dan pastikan posisi AC mobil dalam keadaan menyala, sabarlah menunggu sampai mesin panas kemudian perhatikan:
    • AC dingin atau tidak, nyess atau setengahnya
    • AC berbau atau tidak, jika berbau debu, maka harus ganti filter AC, atau cuci AC mobil.
    • Otomatis kipas pendingin mesin berfungsi atau tidak
  • Cek mesin, lihatlah bagian bawah mesin, pastikan tidak ada rembesan oli mesin yang keluar, jika ada oli mesin yang menetes/rembes bisa disebabkan banyak hal, lebih baik tidak dibeli.
  • Bodi mobil, soal bodi mobil anda bisa langsung tahu sendiri dan bisa menilai yang terbaik untuk anda.

Nah, selain tips mendasar sebelum membeli mobil bekas diatas, ada hal umum yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas, diantaranya sebagai berikut:

1 . Mencari tahu harga mobil yang anda mau beli

Agar tidak tertipu oleh penjual mobil bekas, maka hal wajib yang anda lakukan adalah kroscek harga, cek harga dahulu sebelum membeli, bandingkan dengan pejual lain, selisih banyak atau sedikit, selisih sedikit asala barang lebih bagus itu lebih baik.

2. Bersabar & tidak bernafsu

Untuk mendapat mobil bekas yang berkualitas dan harga yang relatif murah, kuncinya adalah anda harus bersabar. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil bekas yang ingin anda beli, rangkum semua informasi yang anda dapat dan tentukan hasilnya.

3. Jangan langsung percaya pada penjual

Jika anda membeli mobil dari makelar sebaiknya jangan lansung percaya dengan apa yang ia ucapkan. Terkadang si penjual berbicara hanya kelebihan mobil saja tanpa mengutarakan sisi negatif atau kekurangan mobil tersebut.

4. Periksa bodi mobil

Periksalah mulai dari warna cat, perhatikan apakah ada cat yang belang (ada satu bagian yang warnanya atau kecerahannya berbeda). Jika didapatkan kondisi demikian kemungkinan mobil tersebut pernah dicat ulang bersenggolan atau tabrakan dengan kendaraan lain dan rasakan juga dengan jari adakah bagian body mobil yang bergelombang

5. Periksa kondisi mesin

Bukalah kap mesin dan periksalah secara visual apakah ada kebocoran baik dari oli pelumas ataupun cairan pendingin.

6. Lakukan test drive

Ketika anda ingin membeli mobil bekas usahakanlah untuk bisa melakukan test drive lakukanlah dengan jalan yang bervariasi dan rasakanlah gimana laju mobil dan kenyamanan saat dikendarai. Dengan anda melakukan test drive setidaknya anda bisa mendeteksi jika terdapat kerusakan mobil

7. Periksalah kelengkapan dokumen

Mintalah kepada penjual untuk menunjukan dokumen mobil yang mau anda beli tersebut mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen-dokumen lainnya.

Semoga bermanfaat, silahkan komentar jika mempunyai masukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *