tips mudik berkendara

Tips Mobil Mudik Lebaran

218 views

tips mudik berkendaraMusim pulang kampung diwaktu Lebaran atau lebih dikenal dengan istilah mudik merupakan budaya yang selalu ada sekali dalam setahun setiap menjelang hari raya idul fitri. Segala persiapan dilakukan dari barang bawaan hingga oleh-oleh. Namun hal yang paling penting bagi anda yang mudik menggunakan kendaaran sendiri adalah memastikan bahwa kendaraan anda dalam keadaan baik dan layak untuk digunakan saat mudik.

Berikut beberapa tips mudik menggunakan kendaraan pribadi.

1. Kondisi Rem
Rem merupakan komponen paling penting yang tidak bisa di abaikan. Periksa kondisi rem anda mulai dari kondisi kampas rem dan piringan. Jika piringan dan kampas sudah dirasakan tipis sebaiknya segera ganti komponen ini dengan yang baru dan memiliki kualitas bagus.

2. Mesin
Untuk perjalanan jauh hal yang paling utama adalah memastikan tidak ada kebocoran pada seal  noken as. Biasanya pada mobil yang sudah sering dipakai material seal akan menjadi rapuh dan mudah bocor, kebocoran ini akan memberikan efek berkurangnnya oli dengan cepat. Baca artikel kami yang terdahulu Penyebab Oli Mesin Cepat Habis. Selain itu untuk anda yang menggunakan kendaraan masih memakai timing belt, pastikan timing belt mobil manda masih dalam keadaan layak untuk melakukan perjalanan jauh. Putusnya timing belt pada mesin akan membuat mudik anda terganggu.

3.Sock breaker
Sock breaker yang sudah bocor atau tidak stabil sebaiknya diganti dengan sock breaker baru. Ini menjaga kenyamanan anda berkendara.

3. Kaki-kaki

Bagian kaki-kaki khususnya Tierod, ball joint dan rack steer yang sudah tidak layak, akan mengganggu kenyamanan berkendara dengan jarak panjang.

4. Kelistrikan

Pastikan kelistrikan di mobil anda sudah sesuai dengan aturan standar. Ceroboh dalam masalah kelistrikan dapat memberikan resiko kebakaran pada mobil anda.

5. Ban
Komponen ini sama pentingnya dengan rem, ban yang sudah tidak layak atau tipis sebaiknya tidak digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Pastikan anda menggunakan baru disaat anda mudik. Pecah ban saat kendaraan melaju kencang memiliki resiko terjadinya kecelakaan. Selain itu cek pula stabilitas Ban dan pelek mobil anda. Usahakan melakukan sporing balancing pada kendaraan anda.

Banyak komponen penting lainnya yang anda harus pastikan dalam kondisi baik ketika anda memutuskan untuk mudik membawa kendaraan sendiri. Sebaiknya bawa mobil anda ke bengkel ternama untuk memastikan bahwa kendaraan anda layak untuk dibawa pada perjalanan jauh. Untuk memastikan anda siap melakukan perjalanan mudik, tidak ada salahnya anda membaca Tips dan Cara Nyetir Mobil sebagai pengingat anda saat berkendara.

Rekomendasi:

Gravatar Image
Penulis artikel otomotif mobil dan motor dari berbagai sumber bahan referensi dan berdasarkan pengalaman pribadi.

One thought on “Tips Mobil Mudik Lebaran

  1. Info yang menarik gan, tambahan saja klu mau cek ke bengkel upayakan 1 buln sebelum mudik. antrian dan kualitas pekerjaan bengkel lbh optimal (..hehe pengalaman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *