Pelek Mobil (Velg) Tips Memilih Untuk Modifikasi

Velg RacingUntuk memodifikasi sebuah mobil, para pecinta modifikasi kendaraan roda empat ini ada hal yang perlu diperhatikan. Selain faktor tampilan yang modis perlu beberapa pertimbangan yang juga penting untuk memilih sebuah pelek (velg) untuk mobil sebelum anda benar-benar memutuskan untuk mengeluarkan uang anda dalam membeli pelek tersebut yaitu faktor keamanan dan kenyamanan.

Jika secara tampilan gaya, mobil yang menggunakan velg racing tentu akan sangat terlihat elegent daripada menggunakan velg standar, velg bekas bisa menjadi opsi murah dan ringan dikantong, untuk pelek bekas perhatikan betul kondisinya bagus atau terdapat retakan, harga velg memang sangat bervariasi, dari kelas murah meriah hingga kelas velg impor. Namun dari kesemuanya itu banyak hal yang harus jadi pertimbangan.

Tips memilih pelek (velg) mobil demi keselamatan anda serta tidak mengurangi nilai keindahan dalam mobil anda perlu beberapa hal yang mencakup diantaranya beberapa kriteria sebagai berikut :

  1. Desain, Pilih desain pelek yang tepat denga mobil anda, “Untuk mobil kecil seperti Jazz, Yaris, March paling pas menggunakan model jari-jari atau palang” dan mobil medium atau lebih besar seperti Toyota Altis, Honda Civic atau Mercedes-Benz C-Class cocok dengan tipe monoblock.
  2. Ukuran (ring), Perhatikan ukuran pelek mobil jangan terlalu besar dari standard bisa merubah komponen kaki-kaki mobil. Untuk mobil kecil, maksimal diameter pelek 17 inci. Sedan medium maksimal 18 inci dan saloon bisa menggunakan pelek hingga ukuran 20 inci.
  3. Lebar, Jangan menggunakan pelek yang terlalu lebar sehingga mengganggu ruang spakbor dan mentok dinding dalam atau priringan penampang per bagian bawah. Sebaiknya, mobil kecil, lebar maksimum 7 inci, medium 8 inci dan saloon 10 inci.
  4. Offset, Posisi pelek harus sejajar dengan bibir fender. Semisal, ukuran standar pabrik 40. Jika ingin posisi lebih ke dalam, maka angkanya harus lebih besar. Sebaliknya, ingin lebih menempel dengan bibir fender, angkanya lebih kecil. Toleransinya tambah atau kurang 2 poin dari standarnya.

Itu tadi merupakan tips memilih pelek mobil yang sesuai dengan mobil anda. Semoga dengan tips diatas bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli pelek yang ingin anda gunakan pada mobil anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*