Tips Mobil Motor: Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang Hitam dan Kotor

Tips Mobil Motor: Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang Hitam dan Kotor.

Anda salah satu pemilik mobil atau motor yang oli mesinnya cepat habis dan berkurang? Padahal anda merasa baru saja mengisi atau mengganti oli pada mobil anda? Mungkin ini yang terjadi pula pada mobil anda, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui penyebab-penyebab oli motor dan mobil cepat habis dan berkurang, diantara penyebab utama ialah sebagai berikut:

  1. Seal mesin bocor - Kebocoran mesin
  2. Asap putih - Piston atau seker
  3. Ring seher - Penahan oli pada ruang pembakaran
  4. Kualitas oli kurang bagus - Tidak tahan panas atau memuai

Cek kebocoran pada seal mesin.

Penyebab terjadinya oli mesin cepat habis adalah kebocoran pada seal packing yang berada disela bagian antar sambungan mesin. Baik mobil atau motor semuanya menggunakan seal diantara bagian sambungan mesin, seiring berjalannya waktu, lambat laun bagian seal tersebut tersebut kemudian akan mengeras. Pengerasan tersebut yang akan menjadikan rawan terjadinya robek pada seal. Hal inilah yang kerap terjadi namun jarang disadari oleh para pemilik kendaraan baik mobil atau motor.

Karena kobocoran yang terjadi tersebut, maka oli mobil akan menjadi berkurang. Sedikit demi sedikit,  pada saat proses pembakaran mesin mobil sedang berlangsung, kemudian habis dengan cepat.

Untuk mengetahui seal bocor atau tidak itu cukup mudah, lihatlah bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika dibagian itu terdapat rembesan oli maka bisa dipastikan anda harus mengganti seal tersebut, pada beberapa kendaraan mobil dan motor tentu harus turun mesin. Jika pada bagian tersebut tampak kering itu berarti bukan dari kebocoran mesin namun beberapa penyebab yang lain.

Mobil atau motor berasap putih.

Bila terjadi kebocoran pada ring piston / seker akan membuat oli ikut terbakar pada saat mesin mobil melakukan proses pembakaran. Kemudian dari knalpot motor atau mobil akan mengeluarkan asap putih, yang menandakan oli bocor dan masuk kedalam piston.

Jadi jangan segan, sesekali anda melihat knalpot mobil anda. Dan mengamati asap yang keluar dari dalam. Bila asap putih pekat, maka itulah tanda-tanda masalah pada seker motor dan mobil anda.

Ring Seher

Kemudian periksa juga ring seher, apakah masih dapat berfungsi dengan baik dalam hal menahan oli, dan mencegah oli agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kompresi mobil dapat dengan cara membuka bagian kepalanya saja.

Kondisi lain yang bisa saja terjadi adalah ruang bakar mesin yang bocor. Hal itu bisa dikarenakan chamshaft yang bocor. Hal tersebut membuat oli bisa masuk kedalam ruang bakar mesin. Bila laju mobil semain kencang, maka rembesan oli yang semakin banyak tak dapat dihindarkan.

Kondisi oli mobil yang cepat habis akan membuat komponen mobil menjadi cepat rusak dan bahkan jika kondisinya sudah fatal. Mobil bisa berhenti mendadak saat dikemudikan sekalipun. Ada baiknya untuk memantau kondisi kendaraan anda secara rutin. Mulai sekarang anda bisa memulai membiasakan untuk membawanya ke bengkel, untuk mengecek apakah tiap bagiannya berjalan dengan baik.

Kualitas oli kurang bagus

Oli yang bagus tentu akan tahan terhadap panasnya mesin, bahkan jika sedang dipakai saat perjalanan super panjang misalnya saat mudik lebaran atau kendaraan travel yang setiap hari mesin kerja ekstra keras, dan oli yang tidak bagus dia akan cepat memuai karena tidak tahan panas, lalu oli manakah yang anda pakai?

Oli yang kualitas buruk inilah yang menyebabkan berkurang dan cepat habis, mengalami pemuaian yang tanpa kita sadari, sesuaikannlah kualitas dan harga oli dengan mobil anda, jika mobil anda memiliki tingkat rutinitas tinggi tentunya anda juga sudah harus tahu untuk memilih oli kualitas terbaik dan mengganti secara teratur, jika mesin sudah rusak karena oli tentu akan butuh biaya lebih mahal lagi, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Beberapa artikel lain yang bermanfaat:

  1. Air radiator cepat habis dan berkurang
  2. Penyebab mesin cepat panas
  3. Penyebab AC mobil tidak dingin
  4. Rem mobil bunyi, mendeteksi kampas rem blong
  5. Anti karat mobil mencegah terjadinya keropos pada body

Tambahan, kenapa oli mobil motor saya kok cepat hitam dan kotor?

Inilah jawabannya, mesin dalam kondisi baik pun yang namanya oli lambat laun pasti hitam, kotor, dan berkurang, namun jika diatas batas kewajaran itu berarti ada yang harus dibenahi, penyebab utamanya adalah FILTER UDARA, saringan udara yang sudah tidak mampu lagi menjadi penghalang dari debu dan kotoran masuk kedalam mesin, sering-seringlah membersihkan filter udara ini, jika sudah tidak memungkinkan maka perlu diganti dengan yang baru.

Demikian tips kali ini semoga bisa membantu anda semua.

One thought on “Tips Mobil Motor: Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang Hitam dan Kotor

  1. Mesin motor saya rembes di bagian antara blok dan head apakah itu karna seal packing yang udah aus..
    Seal Packing itu yang bentuknya kaya apa..?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*