Ragam

Penyebab Mesin Cepat Panas atau Suhu Temperatur Mesin Mobil Cepat Naik



Warning bagi pemilik kendaraan yang mesin mobilnya cepat panas atau suhu temperatur cepat panas! jangan pernah sekali-kali meremehkan masalah ini dan akibat terparah dari mesin mobil yang cepat panas adalah kecelakaan, mobil bisa mogok tiba-tiba atau bahkan tiba-tiba mesin berhenti ditengah kecepatan tinggi dan pastilah nyawa taruhannya.

Namun ada juga mobil disaat jalan tiba-tiba mesin mati, mogok dan berhenti ditengah jalan hal ini juga bisa disebabkan karena decoil / coil yang sudah tidak normal, coil yang bermasalah disaat mesin dalam keadaan panas yang terjadi adalah mesin mati, jika mesin sudah dingin bisa dihidupkan lagi.

Pada umumnya masalah suhu mobil cepat panas biasanya dialami kendaraan yang umurnya sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada kendaraan yang masih baru sekalipun, hal ini mengingat banyak mobil yang suka diakal-akal oleh oknum demi kepentingan harga lebih murah dari persaingan antar penjual mobil baru, demi selisih 1 hingga 3 juta per unit beberapa onderdil diganti dengan kualitas kw 2 dst, dan yang original disimpan untuk dijual lagi.

Berdasar pengalaman seperti kampas rem dan cakram yang baru sebulan sudah nge-blong, setelah ditelisik ternyata spart part tersebut bukan original alias kw 3. Jadi, berhati-hatilah memilih penjual, jangan terpancing dengan harga yang lebih murah namun beresiko.

Dan berikut ini beberapa penyebab mesin mobil cepat naik:

  1. Radiator dan Selang
  2. Cairan Radiator
  3. Kualitas Oli / Oli Berkurang
  4. Kipas Trouble
  5. Gangguan Mesin
  6. Thermostat

1. Radiator dan Selang

Selalu pastikan bahwa radiator dalam kondisi baik,  ‘ tidak bocor ‘ , ‘ tidak tersumbat ‘ , ‘ tidak berkerak ‘ , termasuk selang atau yang berhubungan langsung dengan radiator. Jika karena radiator maka bawalah ke spesialis radiator atau jika perlu ganti dengan yang baru. Ingat! bahwa cairan dalam radiator jarang berkurang apabila dalam kondisi bagus.

2. Cairan Radiator

Air biasa / air sumur / air tanah didalamnya banyak terkandung logam atau mineral, dalam waktu yang terus-menerus akan menyebabkan ‘ kerak ‘ pada elemen adiator. Carilah air yang bebas logam, lebih baik dengan air hasil sulingan AC atau air dalam kemasan dan cairan coolant radiator. Namun jika sudah bertahun-tahun menggunakan air biasa lalu anda ganti dengan cairan coolant bisa jadi malah merontokkan kerak dalam radiator sehingga bisa menyumbat.

Jika menggunakan non coolant maka maksimal sebulan sekali harus diganti, saya jamin belum 1 bulan air pasti sudah berubah warna dan keruh. (perawatan berkala)

Jika menggunakan coolant, pastikan anda memilih yang berkualitas dan secara berkala diganti.

3. Kualitas Oli dan Oli Cepat Berkurang

Oli tidak berkualitas tidak akan tahan panas, karena tidak tahan terhadap panas secara otomatis oli akan menguap dan berkurang, mesin yang kekurangan oli menyebabkan kinerja mesin lebih kasar karena gesekan, dan gesekan yang terus-menerus membuat suhu mesin cepat dan lebih panas dari normalnya.

Jika oli cepat berkurang bukan karena oli yang jelek, pastikan mesin tidak bocor, tidak berasap putih.

4. Kipas Trouble

Jika 3 hal diatas normal, maka pastikan kipasnya berjalan normal dan termasuk switching otomatis yang terdapat pada kipas pendingin. Bisa jadi putaran kipas lemah, switching otomatis rusak, yang seharusnya berputar dia malah mati.

5. Gangguan Mesin

Gangguan mesin disini mengacu pada poin 3 (mesin kekurangan oli), dan masih banyak gangguan mesin yang lain seperti kerusakan pada komponen mesin, dll

6. Thermostat

Thermostat adalah indikator alat pengukur suhu yang terdapat pada mesin, pastikan thermostat dalam kondisi baik, thermostat yang rusak tidak akan menghasilkan akurasi temperatur yang tepat.

Jadi 6 poin itulah yang harus kita periksa apabila mobil kita mengalami gangguan pada temperatur suhu mobil cepat naik. Semoga tulisan ini bisa membantu pembaca.

View Comments (19)

19 Comments

  1. rama adityo

    01/07/2013 at 22:51

    apakah kalau klep bocor atau sekuran kurang sempurna dapat menyebabkan mesin panas?kalau sudah dilakukan overhoule total mesin tetap panas biasanya apa penyebabnya?dan panasnya hanya pada saat ada beban.
    untuk informasi spare part yg diganti : liner,piston,ring piston,metal duduk,metal jalan,pen piston,bushing pen piston,paking head.
    (cat : mesin digunakan untuk genset)

  2. Aron zega

    24/11/2013 at 12:52

    Apa yang haruz kta lakukan jika seandainya mesin mati mendadak,dan mesin mengalami panas yang berlebihan..

  3. didik

    09/05/2014 at 20:59

    grand max 1.3 sy panas tp kadang normal,saya cek kipas normal dan radiator dibersihkan smp 4 kali tetep panas.sebelumnya baru overhaul .Apa yg sy lakukan biar tetep dingin

    • adelia

      21/05/2014 at 05:16

      @didik: bisa jadi setelah overhaul pemasangannya ada yang kurang pas, jangan mudah overhaul karena permasalahan sepele biasanya setelah overhaul belum tentu bisa kembali normal dan ini sudah sering terjadi.

  4. Adika Taufan Kurniawan

    17/05/2014 at 07:19

    admin mau tanya nih. mobil saya rush 2007. saat ini mesin sering panas indikator pada mesin menunjukkan 3/4 dari panas mesin yang seharusnya 1/2 dari indikator. terlebih jika macet di siang hari dan menggunakan AC. saya cek keadaan mesin tidak ada yang bocor, elektrik fan berjalan dan saya sempat cek termostat pun masih baik. jadi yg aneh pada kondisi mobil saya adalah jika mesin sudah menyala lebih dari 1 jam air radiator akan mengeluarkan bubbling atau busa dan air radiator berkurang namun air tersebut terisi ke cadangan radiator (reservoir). kira2 apa masalah pada mesin saya? mohon infonya. terima kasih.

    • adelia

      21/05/2014 at 05:13

      @adika: coba penutup radiator diberikan seltip (yang biasa dipake untuk kran atau pipa air) supaya tidak bubbling / ngerembes.

  5. husen barus

    22/07/2014 at 01:55

    Saya punya mobil mitsubishi kuda super exxced diesel thn 2000 dan ada masalah di mobil saya waktu mesin hidup lampu indikator batre dan lampu indikator di sebelah kiri yg berwarna kuning me nyala kira2 apa penyebab nya ya thank

    • anan

      13/09/2014 at 23:39

      Sy punya mbl kuda diesel th 2001, Pengalaman sy itu karena arus ke dinamo tidak tersebar, shg aki tdk ngisi dg sempurna, sgr cek dan perbaiki dinamo mesin. tks.

  6. endes

    27/07/2014 at 17:28

    Comment

  7. riki

    30/07/2014 at 16:16

    Saya punya mobil kijang super di saat hidupkan ac amper panas naik .mohon bantuan solusinya

  8. Budi Sartono

    03/08/2014 at 18:33

    Tempo hari radiator saya bocor akibat kipas AC, setelah sya bawa ke tempat service radiator dan saya pasang kembali temperatur panasnya tetap naik, mohon solusinya

  9. ajo jd

    12/09/2014 at 15:17

    minta pendapat om saya punya mitsubishi eterna 91 dohc mesin cepat panas dan langsunu mati tapi didiamin setengah jam dan bisa jalan lagi.mohon solusinya om

    • Admin

      13/09/2014 at 11:04

      ajo jd: Decoil atau Coil atau Coil Ignition minta ganti, kalo mesin sudah panas mobil akan mati, kalo sudah dingin bisa dinyalakan / starter lagi.

  10. yohanes gato

    06/10/2014 at 19:39

    Maaf,kuda sy mitsubishi diesel thn 2000,problemnya mesin mobis cepat panas dan klu temperaturnya naik setengah, kondisi mobil sy jd ga bs jalan,tp klu ac di matikan mobil bs jalan normal,dan klu di tol walupun hidup ac terus no problem.pada hal semuanya sdh sy servis seperti radiator,ganti selang,oli sliconen kipas, dll.tp msh jg problem alias penyakit blm ketemu.alias tetap panas dan sekalian ac hidup mobil jd ga bs jalan atau neden.tlg solusinya.thaks.

  11. dwi

    02/12/2014 at 16:28

    Slm knl
    Mw tanya great corolla…temperatur mesin panas bgt….extra fan g mw putus…tp instrumen panel g sampai separuh….udah ada penggantian radiator baru..hbs turun head dan jalur saluran air yg kropos udah di benahin….thermostatx g di pakek…tp knp mash panas

  12. heru

    06/01/2015 at 18:59

    Om mau tanya..saya beli grand baru tahun 2013…kejadiannya waktusaya lupa tutup rapat radiator sampai mobil panas tinggi…dan sempat juga mati…setelah saya bawa ke bengkel mekaniknya bilang.. itu kemasukan angin….setelah satu minggu mobil panas lagi..saya muka tutup radiator dlm keadaan mesin menyala memang.. memang benar air radiator mengelurkan gelembung kecil2…padahal saya sdh buang angin sering kali di tempat mesin…di bawah tempat duduk…apakah bisa juga pack slinder kop nya kena…mohon bantunya om..

  13. budi

    22/01/2015 at 07:02

    maaf min saya mau tanya? mobil saya daihatsu zebra tahun 95, mesin cepet panas temperatur pana pada mobil sampai separo lebih. udah saya bawa ke bengkel panasnya nggak hilang.mohon bantuanya min? cara penyelesaiannya. terima kasih

    • Admin

      26/01/2015 at 08:03

      budi dicek radiatornya/ganti baru, jika sudah namun masih panas, jika tidak terpakai dilepas saja kondensor AC yang berada didekat klakson itu.

  14. Pingback: cara merawat mesin | tosusanto50

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ragam

Penulis artikel otomotif mobil dan motor dari berbagai sumber bahan referensi dan berdasarkan pengalaman pribadi.

More in Ragam

Membersihkan Karburator

Cara Service Spuyer Karburator atau Suplai Udara Karburator

Admin22/07/2014
Rambu Parkir

6 Cara & Teknik Parkir Mobil

Admin10/07/2014
Jok Kulit Modifikasi

Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil Dengan Cepat

Admin09/07/2014
Power Steering Mobil

Cara Menghindari Kerusakan Power Steering Mobil

Admin06/07/2014
Isuzu Panther Hitam Grand Touring

Tips Memilih Sebelum Membeli Mobil Isuzu Panther Bekas Berkualitas

Admin01/07/2014
Rem Cakram Mobil

Gejala dan Masalah Rem Mobil ABS Cakram dan Tromol

Hoekama18/06/2014
Obat Poles Mobil

Copyright © 2014 Top News Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.