mobil dijalan menanjakSobat Super Polish, daerah pegunungan memang sangat menantang bagi pengemudi, apalagi tanjakan dan turunan di daerah yang berbukit membuat Sobat ingin untuk memacu kendaraan, Namun akan sangat berbahaya jika sobat tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai mengenai cara mengemudi di daerah perbukitan.

Seperti yang dikutip dari majalah Automotto, berat tubuh mobil akan bergeser ke poros belakang atau ke depan saat kendaraan menuruni atau menaiki perbukitan dan akan menambah kelebihan beban pada sistem suspensinya. Hal ini tentu saja menyebabkan gerakan menikung dan mengerem menjadi lebih sukar untuk dikendalikan. Oleh sebab itu perlu ada persiapan khusus sebelum melakukan perjalanan di daerah pegunungan.

Berikut tips yang dapat sobat lakukan sebelum mengemudi di daerah perbukitan:

1. Cek keadaan mobil sebelum melakukan perjalanan
Selalu periksa kendaraan Sobat sebelum memulai suatu perjalanan. Cek mulai dari mesin, oli mesin, radiator, rem, kopling, ban, klakson, lampu, wiper dan sebagainya.

2. Kemudikan kendaraan dengan santai
Selalu perhatikan kecepatan jika melintasi jalanan yang berliku. Perhatikan keselamatan sobat, jangan pernah berpikiran untuk sampai ke tujuan dengan terburu-buru dan mengemudilah dengan gigi yang rendah.

3. Jagalah mesin mobil agar tidak overheat
Saat kendaraan melewati tanjakan curam, mesin akan menjadi panas dengan cepat. Lihatlah suhu mesin melalui speedometer. Segeralah cari tempat aman untuk menepi jika mesin mengalami overheat.

4. Mengemudilah menggunakan jalur yang benar
Jangan mengemudi terlalu ke tengah jalan karena akan membingungkan pengemudi lainnya dan dapat membahayakan Sobat sendiri. Teruslah berada di lajur kiri, jika berbelok lakukan dengan hati-hati pula.

5. Berhati-hatilah selama cuaca buruk
Gangguan alam seperti hujan, angin dan kabut bisa memperburuk kondisi jalan. Nyalakan lampu dan tetap perhatikan kondisi mesin. Pastikan persediaan bahan bakar mencukupi selama melakukan perjalanan.

6. Menyaliplah dengan hati-hati
Menyalip kendaraan boleh-boleh saja, asal sobat selalu memperhatikan rambu-rambu yang ada di sisi jalan. Gunakan lampu dim jika ingin menyalip guna memperingatkan pengemudi lain di depan. Pastikan Sobat memiliki visibilitas dan manuver yang baik jika menyalip agar tidak terjadi kecelakaan.

7. Sediakan waktu yang cukup untuk istirahat
Jika lelah atau ngantuk berhentilah sejenak untuk istirahat dan menyegarkan badan. Nikmati keindahan alam yang ada di sekitar.

Nah, itu tadi tips mengemudi yang dapat sobat lakukan ketika melakukan perjalanan di daerah perbukitan. Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan agar perjalanan sobat menjadi lancar dan aman hingga tujuan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!