Busi Kotor

Cara Mengatasi Busi Vespa yang Hitam Basah dan Mati

1,452 views

Kerap sekali penggemar Vespa dibuat jengkel dengan masalah yang satu ini yaitu soal busi, sering kali busi vespa hitam, basah atau busi banjir oli yang sudah berwarna hitam pekat sehingga menjadikan busi mati, apalagi jika ditengah perjalanan jauh. Vespa merupakan kendaraan yang sering bermasalah dengan pengapian, yang paling terjadi yaitu hilangnya pengapian pada busi.

Masalah ini cenderung lebih sering terjadi pada Vespa yang sudah berumur lanjut, banyak diskusi dan tanya jawab dilakukan antar penggemar Vespa yang umumnya tergabung di komunitas-komunitas, mereka mengeluhkan perihal yang sama, berikut ini merupakan tips cara mengatasi permasalahan pada busi Vespa.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab busi vespa mati, diantaranya sebagai berikut:

  1. Campuran pelumas pada bahan bakar terlalu banyak, sehingga busi terlihat terlalu basah dan cepat kotor berwarna hitam.
  2. Campuran pelumas pada bahan kurang, sehingga membuat ruang pembakaran terlalu panas, busi menjadi sangat kering.
  3. Pengapian dari platina yang kurang stabil, membuat busi terganggu menghantarkan pengapian
  4. Cuaca hujan yang sering membasahi vespa kita, terkadang air masuk ke silinder dan membuat busi basah, dst.

keramik elektrodeDiantara beberapa hal diatas tentunya masih banyak faktor-faktor penyebab dan kerusakan pada busi yang belum saya sebutkan, yang paling sering membuat kita jengkel yaitu hilangnya pengapian pada busi di saat vespa sedang jalan, sangat berat rasanya jika bepergian dengan vespa terus tiba-tiba busi mati, kadang situasi posisi tepat yang tidak mendukung, atau sedang jauh dari bengkel dan toko onderdil, hal ini semakin membuat perasaan kita menjadi semakin kacau.

Tips dari saya yaitu segera untuk membongkar busi anda dan pecahkan keramik pembungkus electrode pada busi kemudian panaskan dengan korek api, dan kembali pasangkan busi pada silinder.

Jangan lupa sebelum memasangkan busi bersihkan dulu kepala busi dengan alat seadanya (yang sering menggunakan kertas gosok/ kikir). Mudah mudahan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *