Memilih Aki Mobil Yang Terbaik dan Tidak Gampang Soak

Aki Mobil GS AstraBanyak cara memilih aki mobil yang terbaik dari segi kualitas dan harga, menjadi sangat mudah jika kita tahu namun gampang-gampang susah bagi yang belum berpengalaman soal aki mobil. Nah, untuk menghindari salah memilih aki sebaiknya baca dulu tips-tips memilih aki mobil supaya tidak salah pilih apalagi tertipu aki bekas yang tampak baru.

Aki Mobil YuasaDampak dari aki soak, tentu dampak pertama pada aki soak adalah masalah kelistrikan mobil anda, semua akan berjalan seolah-olah redup, mobil susah distarter / dihidupkan mesinnya. Mobil memiliki komponen kelistrikan yang banyak seperti semua lampu, HID, klakson, audio, video, power window, central lock, dsb. Semua alat-alat tersebut memilki komponen kelistrikan misalnya saja kondensator, resistor, dll dengan memilki volt yang beragam, jika kekurangan suplay listrik atau suplai kelistrikan yang tidak stabil akan sangat memungkinkan menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen kecil tersebut, dengan rusaknya komponen tersebut pasti akan menjalar kebagian-bagian yang lain.

Sebelum membeli aki, berikut tips cara memilih aki yang harus anda ketahui:

Hindari beli aki rekondisi

Sebisa mungkin untuk menghindari aki rekondisi / aki bekas. Aki rekondisi adalah aki dari hasil tukar tambah dengan aki baru, terkadang aki rekondisi dijual sama dengan yang baru, artinya ialah penipuan dan pemalsuan barang, memang tidak semua penjual seperti itu, namun ini tindakan pencegahan pada diri kita sendiri. Berdasar pengalaman terkadang aki bukan lagi yang soak tapi bahkan aki rusak yang dimodifikasi setidaknya bisa nyala lalu dijual lagi. Hati-hati dengan yang satu ini, silahkan anda beli aki rekondisi pada orang yang betul-betul bisa dipercaya.

Memilih aki basah atau aki kering

Aki kering memiliki performa dan kekuatan lebih bagus daripada aki basah, namun kekurangan dari aki kering ialah tidak tahan terhadap panas dan tentunya harganya lebih mahal. Lebih mahal sedikit namun lebih awet juga bagus untuk pertimbangan.

Perhatikan kapasitas aki

Setiap aki baik aki kering atau aki basah memiliki kapasitasn dan ukuran yang berbeda-beda pula, perhatikan pada bagian amper, ukuran, dimensi serta memiliki tegangan berapa. Pastikan aki yang akan dibeli memiliki kapasitas dan tegangan sama dengan ukuran standar mobil anda. Jika tegangan aki lebih besar dari standar mobil anda akan menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan mobil yang anda miliki.

Merek aki

Banyak beredar berbagai merek aki ditoko atau dibengkel seperti; Acdelco, Amaron, Delkor, Dryfit, G-Force, Global, Hyundai dan yang paling banyak dipakai adalah merek GS dan Yuasa, dua merek ini sudah yang banyak tahu kualitas dan keawetannya.

Garansi aki jelas

Sebelum anda membayar sejumlah harga pada penjual aki, pastikan dipertanyakan masalah garansi, mintalah bukti dan bila perlu dibelakang nota penjualan minta dibuatkan statemen jika rusak dalam sekian hari akan di replace atau ganti dengan aki yang baru bukan perbaikan.

Diatas tadi merupakan tips-tips sebelum membeli aki dan menjatuhkan pilihan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*