Rem Cakram Mobil

Cara Memeriksa Kondisi Rem Mobil Yang Habis Aus

283 views

Rem merupakan salah satu bagian penting dari kebutuhan pengemudi, jika terjadi sesuatu gangguan pada rem mobil anda, sebaiknya lakukanlah perbaikan dan jangan memaksa untuk mengemudikan mobil dalam sementara waktu perbaikan, karena keamanan dan keselamatan berkendara anda bisa terganggu dengan kondisi rem mobil yang kurang normal, oleh karena itu usahakan rem mobil anda selalu dalam kondisi yang baik dan normal. Selain sebagai kelengkapan dalam mengemudi, menjaga performa kinerja rem mobil juga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka lakalantas.

Hal terpenting yang harus anda ketahui tentang penyebab kerusakan rem mobil diantaranya yaitu terjadinya kebocoran selang-selang rem, ada masalah pada booster dan master rem, Kampas rem sudah tipis bahkan habis, minyak rem berkurang atau kwalitasnya krang bagus, piston rem sudah mulai aus.

Hal yang perlu diperikasa untuk mengetahui kondisi rem mobil diantaranya dengan melihat kondisi komponen rem seperti piston, minyak rem, kampas, selang, booster dan master rem. Jika salah satu dari komponen tersebut ada yang mulai rusak, maka segera luangkan sedikit waktu anda untuk mengganti, adapun pemeriksaan dari segi pemakaian juga bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Dalam kondisi mobil berjalan silahkan untuk mencoba menahan injakan pedal rem, lalu lepaskan, ulangi untuk beberapa kali sambil menambah atau mengurangi kecepatan mobil. Dari sini bisa kita rasakan apakah rem bekerja secara stabil atau tidak, (peringatan untuk mencoba hal ini usahakan mobil berjalan pada poros jalan yang aman dengan kecepatan seperlunya, supaya anda merasa lebih aman jangan lupa nyalakan lampu emergency)
  2. Perhatikan pada saat mobil parkir dalam waktu yang lama atau kurang lebih lima jam ke atas, dan coba injak pedal rem tanpa menyalakan mesin, apakah pedal terasa bandel atau loss, ini adalah evek dari seting rem, dan bisa disesuaikan dengan selera. Untuk menguji hal tersebut perlu anda ulangi pada hari berikutnya kemudian silahkan bandingkan, jika berbeda dengan hari yang sebelumnya maka kondisi rem anda tidak stabil, bisajadi disebabkan karena suplai udara dari master kurang atau bahkan over atau perjalanan oli dan kinerja piston kurang stabil, jika seperti ini berarti rem perlu di seting.

Rekomendasi:

Gravatar Image
Penulis artikel otomotif mobil dan motor dari berbagai sumber bahan referensi dan berdasarkan pengalaman pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *