7 Poin Penting Lampu Indikator Dashboard Speedometer Kijang Innova

251
Kijang Innova Putih

7 Poin Penting Lampu Indikator Dashboard Speedometer Kijang Innova.

Kijang Innova termasuk kendaraan yang sangat nyaman untuk dikendarai, perawatannya pun juga tergolong mudah karena mesin dan kontruksi kendaraan memang bisa dikatakan tangguh dan bandel, oleh karena itu terkadang sebagian pengguna mobil jenis ini seringkali lalai atau lengah dengan kerusakan yang sedang di derita oleh mobilnya, dan akhirnya timbul kerusakan tinggi seperti timing belt putus, mesin tidak dapat distarter, rem blong, tidak bisa lari ketika pedal gas di injak, dst.

Tentunya semua orang tidak ingin merasakan mobilnya bermasalah ketika di gunakan beraktifitas apalagi sedang menempuh perjalanan jauh, oleh karenanya hindari kasus ini terjadi pada diri anda, karena hal ini sangat menyedihkan apabila sedang menimpa Anda.

Untuk menghindari kerusakan pada mobil Kelebihan Kijang Innova anda selain mengadakan rutinitas service ke bengkel / dealer resmi Toyota, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan secara pribadi dengan memperhatikan tingkat kenyamanan pada penggunaan dan mengontrol kondisi onderdil yang dapat dilihat secara kasat mata dan memperhatikan lampu indikator yang telah disediakan pada dashboard speedometer mobil Anda.

Tanda Lampu Indikator Dashboard Speedometer
Tanda Lampu Indikator Dashboard Speedometer Secara Umum

Lampu indikator yang tersedia pada speedometer dashboard Kijang Innova terdapat 14 buah yaitu 10 lampu di bagian bawah penunjuk putaran mesin, dan 4 lampu berada di sisi kanan berdampingan dengan penunjuk bahan bakar.

Berikut 7 poin penting indikator pada dashboard speedometer mobil Kijang Innova yang harus Anda ketahui :

  1. Lampu peringatan untuk rem, lampu ini akan menyala padasaat kontak berada di posisi ON dan posisi rem tangan difungsikan, kemudian akan mati ketika rem tangan di lepas, ini menandakan rem berfungsi normal. Ketika tuas rem dilepas pada saat mesin menyala ternyata lampu tidak mati, atau mungkin sedang berjalan secara mendadak lampu menyala, ini menandakan jumlah minyak rem terlalu rendah, sehingga fungsi rem bisa terganggu.
  2. Lampu peringatan untuk aki, lampu ini menyala ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, kemudian akan mati ketika mesin sudah dihidupkan, apabila lampu itu masih terus menyala, berarti ada gangguan pada sistem pengisian aki.
  3. Lampu peringatan untuk oli, pada saat mobil berjalan dan lampu ini menyala, ini menandakan jumlah oli kurang dari kebutuhan, atau tingkat kekentalan sudah mengganggu kinerja mesin (sering disebut oli menggumpal), segera lakukan penggantian oli
  4. Lampu peringatan fungsi, jika lampu ini menyala berarti menandakan ada masalah dalam sistem kelistrikan, pada sistem sensor, atau dari ECU.
  5. Masih pada lampu peringatan fungsi, jika lampu menyala diwaktu kendaraan berjalan tetapi putaran mesin lambat bahkan tidak naik ketika pedal gas diinjak, berarti ada masalah pada throttle elektronik pada mesin bensin atau sistem kontrol mesin elektronik pada mesin diesel.
  6. Lampu peringatan untuk timing belt, ketika lampu ini sudah menyala maka segera lakukan penggantian timing belt, jangan ditunda, karena kerusakan timing belt tergolong kerusakan berat.
  7. Lampu peringatan untuk mesin diesel, jika menyala berarti ada masalah pada system bahan bakar, dan jika berkedip saja berarti jumlah air yang terkumpul dalam filter bahan bakar terlalu banyak, jika lampu menyala, itu menandakan ada problem dengan sistem bahan bakar. Bila Anda mengalami kedua hal itu, sebaiknya kendaraan jangan dijalankan, terutama dengan air terkumpul akan merusak pompa bahan bakar.

Uraian diatas merupakan poin penting yang haris anda ketahui pada indicator speedometer pada dashboard Kijang Innova Anda, semoga membantu dalam perawatan mobil Anda.

Related Post

Kelistrikan Mobil: Perawatan Berkala Masalah Kelis... Kelistrikan Mobil: Perawatan Berkala Masalah Kelistrikan Mobil Anda.Sebagian mekanik / montir mobil mengatakan, ' mencari kerusakan kelistrikan mobil ...
Daftar Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia Beberapa pembagian tanda plat nomor ini masih ikut dalam wilayah karisidenan peninggalan pada zaman belanda, dan apabila ingin menambahkan wilayah / k...
Tips Mobil Motor: Penyebab Oli Mesin Cepat Habis d... Tips Mobil Motor: Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang Hitam dan Kotor.Anda salah satu pemilik mobil atau motor yang oli mesinnya cepat habis ...
Trik Cara Menjual Mobil Bekas Lebih Mahal Harganya Terkadang beberapa orang yang mempunyai mobil bingung untuk menggunakannya. Mungkin karena sudah bosan, punya mobil lebih dari satu, atau lagi butuh u...
Hiriko, Mobil Hemat Energi yang Bisa Dilipat Hiriko adalah mobil yang digerakkan dengan tenaga listrik dan tentunya bisa menghemat energi dimana krisis pemanasan global dan krisis sudah sangat ti...

SILAHKAN KOMENTAR