Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor

2679
Karburator Motor

Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor.

Karburator salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting dalam kerja mesin, sebab karburator berperan sebagai media pencampur udara dan bahan bakar untuk pembakaran pada kendaraan.

Oleh sebab itu seringlah mengecek karburator dan bersihkanlah jika sudah waktunya untuk di bersihkan, sehingga tidak menjadi penyebab kerusakan pada kendaraan, dan terlebih lagi pada kendaraan keluaran lama atau kendaraan yang sudah berumur.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk membersihkan karburator:

  1. Anda bisa memulainya membersihkan pembersih udara bisa disebut filter udara yang terpasang pada lubang karburator terlebih dahulu. Caranya dengan melepas filter lalu di bersihkan dengan menggunakan angin yang bertekanan tinggi (misal dengan kompresor),  tapi karburator ada yang terbuat dari bahan busa. Jika filter udara karburator yang terbuat dari busa anda bisa mencucinya hingga bersih terus didiamkan hingga kering.
  2. Setelah anda membersihkan filter udaranya kemudian coba Anda melepas baut-baut yang terpasang pada rumah karburator,beserta choke dan kran bensin.
  3. Setelah anda melepas baut-baut tadi, kemudian lepaslah komponen-komponen karburator seperti seperti mangkok karburator, pelampung, jarum pelampung, main jet, pilot jet,dan lain-lain. Letakan komponen-komponen karburator yang anda lepas lagi kedalam wadah yang sudah di isi oleh bensin.
  4. Bersikan karburator dengan kuas setelah itu dilanjutkan anda menyemprot dengan angin dari kompresor agar kotoran-kotoran yang menempel pada lubang karburator jadi hilang. Sedangkan untuk menghilangkan kotoran pada spuyernya Anda bisa membersihkan dengan cara mengamplas tipis-tipis dengan menggunakan amplas yang yang halus dan jangan terlalu ditekan, agar ukuran diameter spuyernya tidak berubah.
  5. Pasang kembali yang Anda bersihkan tadi dan hati-hati jangan terlalu kencang dalam  memasang spuyernya. Atur ketinggian pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sikmat.
  6. Terakhir, pasang kembali komponen-komponen yang telah Anda bersihkan tadi seperti sediakala. Jangan lupa menyetel kondisi langsam mesinnya,  Anda bisa melakukan dengan memutar spuyer angin-anginanya sampai mentok dan memutarnya searah jarum jam. Proses penyetelan ini dalam kondisi kendaraan hidup, setelah spuyer anda putar sampai mentok kemudian putar balik hingga beberapa putaran untuk menemukan standart yang pas untuk kendaraan Anda.

Selamat mencoba

Tips Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin Cara Merawat AC mobil - AC merupakan komponen utama sebuah mobil dalam mendapatkan kenyamanan. Oleh karena itu AC termasuk menjadi prioritas dalam ha...
Tips Mobil Mudik Lebaran Musim pulang kampung diwaktu Lebaran atau lebih dikenal dengan istilah mudik merupakan budaya yang selalu ada sekali dalam setahun setiap menjelang ha...
Cara Mengatasi Busi Vespa yang Hitam Basah dan Ma... Kerap sekali penggemar Vespa dibuat jengkel dengan masalah yang satu ini yaitu soal busi, sering kali busi vespa hitam, basah atau busi banjir oli yan...
Tips Mengatasi Mobil Mudah Mogok di Tengah Jalan Atasi Mobil Mogok di jalan - Kejadian yang paling tidak kita inginkan ketika melakukan sebuah perjalanan adalah keadaan dimana mobil mogok. Mobil sebe...
Memilih Aki Mobil Yang Terbaik dan Tidak Gampang S... Banyak cara memilih aki mobil yang terbaik dari segi kualitas dan harga, menjadi sangat mudah jika kita tahu namun gampang-gampang susah bagi yang bel...
Rapitech

SILAHKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here