Cara Merawat Mobil Bekas yang Baik dan Benar

25279
Mobil Bekas

Mobil bekas adalah suatu pilihan kita pada saat ingin membeli mobil pertama kali, dengan pertimbangan lebih ekonomis secara biaya sampai pengenalan perawatan dalam pengalaman pertama. Tidak ada salahnya kita mambeli mobil bekas, semua tergantung ketersediaan dana dan cara kita dalam menyeleksi barang bekas ini.

Yang perlu diwaspadai adalah mobil yang bekas kebanjiran, akan betul-betul sangat menyusahkan bagi kita, mulai dari mesin yang kebanjiran, kelistrikan, kita bisa bayangkan bagaimana jika komponen-komponen kelistrikan kemudian terendam banjir, belum lagi interior,  selang-selang, tangki, dll

Setelah mobil dibeli tentunya kita memikirkan bagaimana caranya merawat mobil bekas dengan baik, memang pemeliharaan mobil dari berbagai kerusakan sangat penting, karena jika terlanjur rusak maka hubungannya selalu dengan keuangan, bahkan kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan.

Nah, berikut ini cara-cara merawat mobil bekas yang baru saja kita beli:

  1. Perhatikan kondisi kaki-kaki mobil seperti, ban, rem, sil-sil, dan skok/per, pastikan dalam keadaan baik.
  2. Perhatikan penggantian oli secara berkala, karena oli berperan mengurangi gesekan-gesekan internal di dalam mesin, dengan oli yang sudah usang atau jumlah terlalu sedikit maka akan terjadi gesekan-gesekan yang dapat membuat komponen mesin tertentu cepat rusak atau aus, oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara berkala berdasarkan kebutuhan mesin mobil dan jarak tempuh kendaraan.
  3. Periksa Radiator, karena radiator berfungsi sebagai pendingi suhu pada mesin mobil, dalam skala pemakaian, air radiator perlu diganti, dan periksa kebocoran pada radiator, apabila terjadi kebocoran segera atasi kebocoran tersebut.
    usahakan mobil tidak pernah mengalami kehabisan bahan bakar, karena kekosongan tangki mobil bisa menimbulkan karat yang akirnya tangki menjadi bocor.
  4. Penggantian Timing belt secara berkala, timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. biasanya usia timing belt di tentukan oleh jarak tempuh setiap 40.000 km.
    lakukan Tune up sesekali atau per dua bulan sekali, demi memastikan busi, filter bahan bakar, dan oli bekerja dengan baik.
  5. Rawat cat mobil dengan baik, usahakan terbebas dari air hujan dan air laut, karena air yang mengandung zat asam terlalu tinggi akan mudah merusak cat dan bodi mobil kita.
  6. Sayangi mobil yang sudah anda beli meskipun dalam keadaan bekas, karena kita membelinya dengan uang, hargai jerih payah anda diwaktu membeli.

Semoga beberapa tips perawatan mobil bekas diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Honda New Odyssey Mobil Irit Bahan Bakar New Odyssey adalah mobil dengan teknologi canggih yang hemat bahan bakar dan irit bensin. Mobil ini khusus dirancang dengan teknologi yang canggih u...
Trik Cara Menjual Mobil Bekas Lebih Mahal Harganya Terkadang beberapa orang yang mempunyai mobil bingung untuk menggunakannya. Mungkin karena sudah bosan, punya mobil lebih dari satu, atau lagi butuh u...
Memilih Aki Mobil Yang Terbaik dan Tidak Gampang S... Banyak cara memilih aki mobil yang terbaik dari segi kualitas dan harga, menjadi sangat mudah jika kita tahu namun gampang-gampang susah bagi yang bel...
Review Honda Brio Satya 2014 Kelebihan serta Spesi... City Car 2014 kini Honda meluncurkan Brio Satya untuk imbangi permintaan pasar, yang sedang banyak di cari di masyarakat, yaitu sebuah kendaraan roda ...
Cara Memeriksa Kondisi Rem Mobil Cakram dan Tromol Rem merupakan komponen kendaraan paling penting dari segi keselamatan mengemudi. Melihat begitu penting fungsi dari sebuah rem, komponen satu ini seha...
Rapitech

SILAHKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here