Aki Yuasa 12V 65 Amper

Cara Merawat Aki Mobil Dari Kerusakan dan Soak

889 views

Cara Merawat Aki – Pada sebuah kendaraan bagian utama yang harusnya menjadi perhatian lebih awal adalah Aki kendaraan, karena gangguan pada aki seperti terjadinya korosi pada kepala baut aki atau berkurangnya air aki dapat menyebabkan kendaraan sulit dihidupkan, selain itu aki sebagai komponen kelistrikan harus benar-benar terawat agar tidak menimbulkan resiko terjadinya kebakaran akibat terjadinya kontak listrik yang berasal dari aki.

Aki yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama tentu akan mengalami residu yang mengganggu kinerja aki tersebut, hal inilah terkadang membuat mobil sulit distarter atau dihidupkan. Biasanya pada situasi seperti ini pemilik kendaraan sering menganggap komponen aki mengalami soak, padahal bisa saja aki tersebut masih dalam kondisi hidup namun terdapat kotoran pada terminal aki yang menyebabkan kinerja aki terhambat.

Masalah seperti ini sebenarnya dapat anda tangani sendiri dirumah tanpa harus memanggil mekanik. Langkah awal cara merawat aki adalah membuka baut aki untuk melepas terminal dan kabel yang terpasang pada aki. Gunakan kunci yang sesuai dengan ukuran untuk melepas setiap terminal aki.

Pilihlah terminal atau kabel negatif terlebih dahulu untuk dilepaskan, lalu lanjutkan dengan melepas terminal positif, setelah aki lepas dari kendaraan kemudian bersihkan terminal aki dengan menggunakan air panas dan cairan pembersih untuk melepas kotoran dan karat yang melekat pada aki, (lakukan pembersihan secara perlahan).

Untuk melepaskan karat yang menempel gunakan sikat kawat kemudian gosokan sikat kawat secara perlahan pada terminal aki. Selain itu bersihkan juga semua kabel aki yang ada pada kendaraan anda. Selain itu cara merawat aki yang tidak boleh anda abaikan  adalah memeriksa cairan aki dan pastikan cairan pada level standar yang dibutuhkan aki.

Setelah anda yakin semua sudah bersih, pasang kembali aki pada kendaraan anda, dan sambungkan setiap kabel keterminal aki, sambungkan terlebih dahulu kabel terminal positif kemudian lanjutkan dengan kabel negatif. Pastikan baut terpasang dengan kencang agar tidak terjadi kontak arus pendek yang mengeluarkan api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *